White Flower 50

Recent in Technology

Pemanfaatan Perkarangan Rumah


Pekarangan rumah adalah lahan yang terdapat disekitar rumah suatu keluarga, meliputi semua bagian, mulai dari depan, samping kiri dan kanan serta belakang. Pekarangan yang bisa manfaatkan untuk kegiatan budidaya hortikultura tidak terbatas hanya pada lahan yang berupa tanah, tetapi yang sudah dibangun seperti teras (depan, samping dan belakang) atau bahkan bagian atas rumah yang didesain sedemikian rupa, dapat juga di jadikan tempat untuk budidaya hortikultura dengan sistem polybag.

Ada beberapa keuntungan budidaya menggunakan polybag, yaitu :
1.   Biaya lebih murah untuk pembelian Polybag bertanam dibandingkan Pot.
2.   Mudah dalam perawatan.
3.   Pengontrolan/pengawasan per individu tanaman lebih jelas untuk pemeliharaan tanaman seperti serangan hama dan penyakit, kekurangan unsur hara.
4.   Polybag mampu di tambahkan bahan organik/pupuk kandang sesuai takaran.
6.   Menghemat ruang dan tempat penanaman.
7.   Komposisi media tanam dapat diatur.
8.   Nutrisi yang diberikan dapat langsung diserap akar tanaman.
9.   Dapat dibudidayakan tidak mengenal musim.
10. Dapat menanam aneka Tanaman Obat dan Tanaman Hias di pekarangan/teras.


Alat dan bahan yang digunakan untuk menanam tanaman hortikulktura di pekarangan rumah menggunakan polybag, sangat sederhana, yaitu :
a.      Polybag (ukuran untuk bibit kelapa sawit : 0,15 mm x 35 cm x 50 cm)
b.      Gembor
c.       Tanah gembur
d.      Pupuk organik (bokashi)
e.      Bibit tanaman hortikultura
f.        Baskom kecil


Rangkaian kegiatan
Polybag diisi dengan tanah yang dicampur dengan pupuk organik (perbandingan tanah dangan pupuk organik 1 : 1), kemudian polybag dapat diletakan disekitar rumah seperti bagian depan, samping kiri dan kanan serta belakang, dengan syarat sinar matahari masih masuk sekitar 65 % pencahayaan. Jarak antar polybag minimal 0,5 m x 0,8 m, polybag tersebut harus disiram setiap hari jika tidak ada hujan.
 Sementara itu ditempat lain kita siapkan bibit yang akan kita tanam dengan cara menyemainya pada baskom atau tempat lain yang berukuran sedang, dan pada saat sudah berdaun maka bibit tersebut siap untuk dipindahkan ke polybag yang tadi disiapkan, kemudian tanaman tersebut dirawat sebagaimana perawatan tanaman pada umumnya.

 Jenis tanaman yang kita tanam sebaiknya bervariasi, sehingga dapat memenuhi keperluan sehari-hari misalnya : Cabe, Tomat, Terong, Timun, Seledri, dll.

Ad Code

Responsive Advertisement