White Flower 50

Recent in Technology

Budidaya Nanas



Nanas  (Ananas comosus L.) adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay Tumbuhan ini termasuk dalam familia nanas-nanasan (Famili Bromeliaceae). Perawakan (habitus) tumbuhannya rendah, herba (menahun) dengan 30 atau lebih daun yang panjang, berujung tajam, tersusun dalam bentuk roset mengelilingi batang yang tebal. Buahnya dalam bahasa Inggris disebut sebagai pineapple karena bentuknya yang seperti pohon pinus. Nama 'nanas' berasal dari sebutan orang Tupi untuk buah ini: anana, yang bermakna "buah yang sangat baik". Burung penghisap madu (hummingbird) merupakan penyerbuk alamiah dari buah ini, meskipun berbagai serangga juga memiliki peran yang sama.

Syarat Tumbuh
Lahan yang baik untuk budidaya nanas adalah lahan yang terletak pada 30°LU dan 30°LS. Curah hujan yang baik yaitu sekitar 600-3500 mm/tahun. Kelembaban tanah juga sangat berpengaruh untuk tumbuhan nanas karena jika tanah terlalu lembab pada masa awal pembungaan nanas, maka dapat menghambat pertumbuhan daun dan buah. Suhu yang baik untuk menanam nanas adalah sekitar 29°c-32°C. Tanah yang baik untuk menanam nanas adalah jenis tanah yang mengandung pasir karena jenis tanah ini akan memberi nutrisi yang dibutuhkan nanas. Usahakan pilihlah lahan yang mengandung kapur rendah.
Lakukan pengolahan tanah terlebih dahulu pada lahan yang akan ditanami nanas, gemburkan tanah lahan, singkirkan batu-batu yang ada pada tanah lahan tanam juga gulma atau tanaman penggangu lainnya agar memperbaiki sirkulasi udara pada tanah.


a. Perkecambahan Batang Stek
Bibit nanas diperoleh dengan melakukan stek batang, Lakukan perkecambahan pada belahan batang stek tanaman nanas dengan menggunakan media tepung agar akar cepat tumbuh. Lakukan penanaman batang stek tersebut pada media perkecambahan dengan kedlaman 1 atau 2 cm dan jarak antar benih sekitar 5 hingga 10 cm. Agar kelembaban terjaga dan sirkulasi udara lahan persemaian baik, tutup media perkecambahan dengan mulsa plastik bening. Setelah 1 minggu tunas dan akar pada stek batang akan mulai tumbuh.

b. Persemaiaan Bibit
Setelah stek batang sudah tumbuh akar dan tunas selanjutnya lakukan penyemaian. Siapkan dahulu media tanam berupa campuran dari tanah halus, pupuk kandang yang telah matang dan pasir dengan perbandingan 1:1:1. Setelah media semai siap selanjutnya pindahkan stek batang nanas. Lakukan penyiraman secara rutin pada pagi hari dan soire hari secara berkala agar stek batang tetap lembab. Agar bertambah maksimal pertumbuhannya maka lakukan pemupukan sebulan sekali dengan pupuk kandang. Setelah sekitar 3 hingga 5 bulan atau telah memiliki tinggi sekitar 25cm-30cm, bibit stek batang nanas dapat dipindahkan pada lahan tanam.

c. Lahan Tanam
Lakukan pembersihan gulma dan tanaman pengganggu lainnya pada lahan tanam yang nantinya akan dijadikan lahan budidaya nanas. Kemudian gemburkan tanah menggunakan cangkul dengan kedalaman sekitar sekitar 30 cm lalu diamkan selam 15 hari agar racun yang terdapat dalam tanah hilang terbawa angin. pH tanah yang baik untuk menanam nanas adalah sekitar 5 atau 6, namun jika tanah terlalu asam maka lakukan pengapuran dengan menggunakan dolomit dengan dosis 2-3/ha lahan.
Selanjutnya, buatlah bedengan dengan lebar sekitar 100 hingga 120 cm, tingginya sekitar 40 hingga 50 cm dan panjangnya dapat disesuaikan lahan tanam, Beri jarak antar bedengan sekitar 80 hingga 100 cm untuk saluran drainase serta agar lebih mudah dalam melakukan perawatan. Kemudian lakukan pemupukan dasar dengan pupuk kandang pada bedengan. Untuk satu hektar lahan dinbutuhkan sekitar 20 ton pupuk kandang. Diamkan lahan tanam sekitar 15 hari agar pupuk dapat terserap dengan baik oleh tanah. Setelah itu, buatlah lubang tanam dengan ukuran 30cmx30cmx30cm dengan tugal.

d. Penanaman Tanaman Nanas
Setelah semua siap lakukan penanaman, Masukkan bibit stek batang nanas dalam lubang tanam yang telah dibuat kemudian timbun kembali dengan tanah (Usahakan jangan terlalu dalam melakukan penanamannya cukup sekitar 3-5 cm pangkal bibit stek yang tertimbun)lalu padatkan agar bibit tidak mudah roboh. Setelah selesai melakukan penanaman selanjutnya lakukan penyiraman secukupnya.


e. Pemeliharaan Tanaman Nanas
  • Penyulaman

Setelah tanaman nanas berumur sekitar 1 hingga 2 bulan maka lakukan penyulaman yaitu mengganti tanaman nans yang mati atau tidak tumbuh dengan baik dengan tanaman yang baru.
  • Penyiangan

Penyiangan juga perlu dilakukan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang akan mengganggu pertumbuhan tanama nanas.
  • Pembubunan

Pembubunan dilakukan untuk memperbaiki keadaan tanah serta menutup kembali akar tanaman nanas yang muncul ke permukaan.
  • Pemupukan Susulan

Pemupukan susulan pertama dilakukan setelah tanaman berumur sekitar 2 hingga 3 bulan setelah tanam. Pemupukan selanjutnya dilakukan setiap 3 hingga 4 bulan sekali hingga tanaman berbunga. Jenis pupuk yang digunakan antara lain Pupuk kandang, ZA,SP-36 dan NPK.
  • Pengairan dan Penyiraman

Lakukan penyiraman seminggu sekali terutama pada musim kemarau, setelah tanaman dewasa, penyiraman cukup dilakukan 2 minggu sekali.


f. Pemanenan
Nanas dapat dipanen setelah berumur 1 hingga 2 tahun setelah tanam tergantung varietas jenis nanas yang ditanam. Ciri nanas yang sudah dapat dipanen, seperti berikut: Mahkota buah telah terbuka , tangkai buah telah mengkerut, sudah memiliki aroma yang khas, buahnya telah mulai menguning, serta mata buah sudah bulat, besar dan lebih mendatar. Cara memanennya yaitu dengan cara memotong miring pangkal tangkai buah.


Beberapa Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan dan Kecantikan
1. Membantu Mengobati Radang Sendi Salah satu manfaat buah nanas yang paling terkenal dalam dunia kesehatan adalah kemampuannya dalam mengurangi peradangan sendi dan otot, terutama yang berhubungan dengan artritis. Atritis merupakan penyakit yang benar-benar membuat penderitanya tersiksa karena terjadi pembengkakan, kekakuan, dan keterbatasan bergerak. Nanas mengandung enzim proteolitik yang disebut bromelain, yang berperan dalam reaksi pemecahan protein kompleks, selain itu juga memiliki efek antiinflamasi. Jadi mulailah mengonsumsi nanas untuk kesehatan sendi Anda.

2. Meningkatkan Imunitas Satu porsi buah nanas memiliki lebih dari 130% kebutuhan vitamin C setiap hari bagi manusia, menjadikannya salah satu sumber asam askorbat terkaya dan paling lezat. Vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan merangsang aktivitas sel darah putih dan bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi efek berbahaya dari radikal bebas.

3. Menciptakan Kolagen Manfaat buah nanas lainnya adalah terdapatnya kandungan vitamin C yang tinggi pada buahnya. Tahukah Anda salah satu manfaat vitamin C yang sering diabaikan? ya, peran pentingnya dalam menciptakan kolagen. Kolagen merupakan basis protein penting dari dinding pembuluh darah, kulit, organ, dan tulang. Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah nanas juga dapat membantu Anda menyembuhkan luka pada tubuh dengan cepat, sekaligus membantu mempertahankan diri terhadap infeksi dan penyakit.

4. Mencegah Kanker  Selain memiliki antioksidan vitamin C juga dapat memerangi kanker, nanas juga kaya akan berbagai antioksidan lainnya, termasuk vitamin A, beta karoten, bromelain, berbagai senyawa flavonoid, dan mangan yang tinggi. Dalam sejumlah penelitian, nanas memiliki kemampuan yang secara langsung berhubungan dengan pencegahan kanker pada mulut, tenggorokan, dan payudara.



5. Menunjang Kesehatan Pencernaan Seperti kebanyakan buah pada umumnya, nanas adalah sumber serat yang kaya, tapi ada hal yang membuat nanas istimewa karena buah ini mengandung serat larut dan tidak larut. Hal ini menjadi pertanda baik, karena dengan rutin mengonsumsi nanas dapat melindungi Anda dari berbagai gangguan pencernaan, termasuk konstipasi, diare, sindrom iritasi usus besar, serta penyakit aterosklerosis dan pembekuan darah.

6. Membantu Mengobati Batuk dan Pilek Enzim khusus bromelain yang terkandung pada buah nanas diketahui dapat mengurangi dahak dan lendir yang terbentuk di saluran pernafasan dan rongga sinus. Oleh karena itu, untuk Anda yang sedang mengalami batuk atau pun pilek konsumsilah nanas, karena nanas bermanfaat untuk membantu Anda melenyapkan penyakit tersebut dari dalam tubuh. Baca juga: Mengobati Flu, Batuk Pilek Secara Tradisional dan Manjur

7. Menjaga Kesehatan Tulang Meskipun nanas tidak memiliki begitu banyak kandungan kalsium, namun nanas memiliki jumlah mangan yang mengesankan, yang merupakan mineral lain yang memiliki peran penting dalam memperkuat tulang, sekaligus membantu pertumbuhan dan perbaikan pada tulang. Mangan adalah mineral nanas yang paling menonjol, dan satu porsi nanas bisa menghasilkan lebih dari 70% kebutuhan sehari-hari Anda untuk mineral penting ini.

8. Menjaga Kesehatan Mulut Selain memiliki senyawa antioksidan yang berfungsi melindungi dari kanker mulut, nanas juga memiliki kandungan astringent yang dapat memperkuat gigi dan gusi. Selain itu, kandungan astringent pada nanas juga dapat mencegah terjadinya rambut rontok, kelemahan otot, dan kulit kendur.

9. Membantu Menjaga Kesehatan Mata Penglihatan adalah salah satu indra terpenting bagi manusia, dan salah satu manfaat nanas yang telah terbukti adalah kemampuannya untuk menjaga kesehatan mata dan membantu mencegah terjadinya kerabunan. Degenerasi makula mempengaruhi penglihatan orang lanjut usia, dan beta karoten dapat membantu Anda mengurangi masalah ini. Menjaga jumlah beta karoten dalam makanan Anda merupakan hal yang sangat penting, oleh sebab itu perbanyaklah konsumsi buah dan sayuran jika Anda benar-benar masih ingin memiliki penglihatan yang baik di usia senja.



10. Membantu Mengatur Tekanan Darah Nanas memiliki sumber mineral yang sangat berharga, salah satunya adalah potassium (kalium). Potassium adalah salah satu mineral terpenting di tubuh kita, dan kekurangan kalium dapat menyebabkan berbagai bahaya kesehatan. Salah satu fungsi potassium yang paling penting adalah sebagai vasodilator, yang dapat meminimalisir terjadinya ketegangan dan tekanan pada pembuluh darah dan dapat meningkatkan sirkulasi darah ke berbagai bagian tubuh. Bila pembuluh darah Anda rileks, tekanan darah Anda berkurang dan aliran darah lancar, hal itu dapat membantu Anda mencegah terjadinya aterosklerosis, serangan jantung dan stroke.

11. Menjaga Sirkulasi Darah Nanas juga mengandung mineral tembaga. Mineral ini sangat penting, karena berfungsi dalam sejumlah reaksi enzimatik dan senyawa dalam tubuh. Hal yang juga harus di ketahui adalah, bahwa tembaga merupakan unsur penting untuk pembentukan sel darah merah yang sehat. Jumlah sel darah merah yang tinggi dapat meningkatkan oksigenasi ke berbagai sistem organ sehingga berfungsi optimal.

Sumber :


Ad Code

Responsive Advertisement